CERITA
MUSIUM KERETA
API AMBARAWA
Saya disini akan
menjelaskan kekayaan sejarah , sejarah
disini baik peninggalan jaman hindu
maupun peninggalan jaman penjajahan belanda yang ada di kabupaten
semarang . kabupaten semarang merupakan wilayah kecil yang memiliki segudang
sejarah , seperti musium palagan, musium kereta api yang terletak di ambarawa,
dan candi gedung sembilan yang terletak di bandungan.
Disini saya akan
mebicarakan musium kereta api , musium kereta api ambarawa merupakan bukti sejarah perkeretaapian di
negara ini. Yang berada di pusat ambrawa sekitar 20 meter dari ungaran,
tepatnya jalan stasiun nno 1 ambarawa kab semarang . Bermula
dari dibangunnya stasiun ambarawa oleh raja wiiem 1 , yang diresmikan pada
tanggal 21 mei 1873. Perkereta apian ini dibuka
untuk melayani jalur semarang –kedungjati-ambarawa –secang-yogyakarta.
Kareta api yang ada
disini adalah kereta api uap dengan lokomotif nomor B2502 dan B2503 buatan
Maschinenfabriek Esslingen , serta B5112 buatan Hannoversche Maschinenbau AG
sampai sekarang masih digunaknan sebagai kereta api wisata. Kereta api uap
bergerigi sangat unik dan merupakan salah satu dari tiga yang masih tersisa di
dunia. Dua diantaranya ada di Swiss dan
India.
Ambarawa merupakan
daerah yang termasuk ke dalam fase pertama pembanguna jalur KA oleh
Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschppij (NIS) dengan lebar rel 1435 mm
sesuai standar internasional.
Tetapi dari tahunke
tahun kondisi perkeretaapian memburuk. Sejak PJKA berubah nama menjadi PT KAI
perusahaan ini tidak mampu lagi membiayai pemeliharaan aset yang cukup besar. Beruntung pemerintang
provinsi jawa tengah dan pemerintah pusat masih peduli dengan menjadikan
stasiun ambarawa menjadi musium KA di negarai ini.
Dan pada tanggal 21
april 1978 diresmikan dari stasiun
willem 1 menjadi musium kereta api ambarawa oleh menteri perhubungan Roesmin
Noerjadin. Disini juga tersimpan beberapa lokomotif uap tua, kereta kayu, mesin
hitung, mesin ketik, dan peralatan perkeretaapian pada masa lalu. Benda –benda
ini menyimpan banyak kenangan bagi bangsa indonesia.
Jalur kereta api ini
masih melayani jalur wisata ambarawa dengan bedono yang menyuguhkan indahnya panorama gunung
telomoyo dan gunung merbabu yang menjulang tinggi. Selain itu juga melayani
ambarawa dengan tuntang dan pariwisata
ini disuguhkan panorama indah hamparan rawa yang luas dengan perpaduan panorama
indah. Pariwisata ini menggunakan lokomotif bergigi yang ditarik dengan lok uap
B 2502 dan B 2503 yang menarik kereta kayu sejak tahun 1978.
Saat ini musium kereta
api ambarawa di bawah komando pusat pelestarian banda dan bangunan PT KAI.
Musium kereta api ambarawa ini akan diaktifkan dengan membuka jalur
ambarawa-tuntang-kedungjati dan terhubung kelintas raya jawa. Gagasan penataan
dan pengaktifan ini dilatarbelakangi bahwa meskipun indonesia memiliki musium
KA namun belum memiliki musium yang inovatif, informatif, mendidik. Musium KA
ambarawa ini hanya satu-satunya KA uap yang aktif untuk membawa para wisatawan.
Musium kereta api ini
juga akn dikembangkan sebagai lokomotif park, dengan penempatan lokomotif uap
dan benda-benda bersejarah yang tertata rapi. Penataan kembali lokomotif ,
benda-benda bersejarah ini merupakan
pendukung operasi dan pelayanan PT KAI pada yaman dahulu yang memiliki
nilai tinggi.
Bangunan stasiun
ambarawa ini dibangun pada tahun 1907 sebagai penganti bangunan lama yang
dibangun 1873. Dan menurut dosen Dr
Robert Lee dari university of westrn sydney,macarthur, australia mengatakan bahwa musium KA ambarawa mempunyai potensi besar
menjadi pusaka dunia (world heritage), menyusul Semmenring Railway di australia
1998 dan Darjiling Himalaya 1999 dan menyusul pusaka dunia lainnya yang telah
dimiliki seperti candi borobudur, prambanan, taman nasional komodo, dan
lain-lain.
Sepenggal cerita musium
kereta api ambarawa , untuk mengetahui lebih lanjut mari kita berkunjung ke
ambarawa.
0 komentar:
Posting Komentar